Iklan Ponds versi Sempurna

Janganlah kau tinggalkan diriku
Takkan mampu menghadapi semua
Hanya bersamamu ku akan bisa…
Kau adalah darahku
Kau adalah jantungku
Kau adalah hidupku
Lengkapi hidupku
Oh sayangku, kau begitu… sempurna…

Syair milik Andra & the Backbone ini rasanya begitu pas mengiringi iklan Ponds ini. Konsep yang sebenarnya sangat sederhana: kompilasi beberapa iklan Ponds yang pernah ada. Mulai dari suami yang kembali perhatian, gadis yang menikah, hingga Miracle Age versi keluarga Ferdy Hasan. Tapi iklan ini dengan cerdiknya mengambil sisi-sisi yang menurut saya adalah kekuatan masing-masing iklan. Senyum kemenangan isteri yang melihat suami kembali perhatian. Senyum bahagia Safina saat dipeluk Ferdy, dan yang paling membuat saya tersenyum adalah: Senyum aneh dan unik yang ceria oleh pengantin wanita yang telah berhasil mendapatkan cinta sang pria tampan.

Inilah cara sang market leader melakukan komunikasi visual. Sejak dulu, Ponds sangat sabar melakukan brand building. Ia tidak langsung menghajar secara kasar dengan menjual produk Ponds. Ia memilih dengan pendekatan emosional yang sangat menyentuh. Perlahan selama sekian tahun, lewat iklan-iklannya Ponds berusaha membuat citra kecantikan. Definisi kecantikan menurut Ponds adalah langsing dan berkulit putih. Dan pendekatan melalui iklan dengan lagu saya temukan mulai iklan Ponds versi Ada Band. Ingat nggak? Rasa cinta… yang dulu telah hilang kini berseri kembali…. (adegan cewek lagi marahan dengan cowok di mobil BMW)

Kalau pengarahan definisi ini berhasil, pasar Ponds terbuka luas. Mayoritas, perempuan Indonesia berkulit sawo matang hingga hitam manis. Mungkin hanya beberapa suku saja yang memiliki kulit yang putih. Dan saya kira, riset Ponds berhasil. Pendekatan emosional yang sangat menyentuh ini bahkan tak hanya mempengaruhi wanita, tetapi juga pria! Salah satu definisi cantik menurut saya sendiri adalah putih. Berkulit putih dan imut-imut. Hahaha… :))

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

27 thoughts

  1. >ndop
    aku juga.. pake yang anti jerawat malah merah2 dan memicu keluar jerawat 😀

    anyway, di sini ga ono blas produk pemutih wajah.. 🙁 komentar mereka, “Kulit kalian itu bagus banget! ngga pucat kaya punya kita ini!” weleh..

    well, ambil positifnya, mengutip BodyShop .. “Tidak perlu berkulit putih dan berbadan langsing untuk menikmati hidup” 😉

    [ ngeles mode:p ]

  2. wah pengamat iklan nih.. atau pengamat cewek2 di iklan itu??? *dibantai galih 😀 *

    betewe benar juga yakz… menjual emosi bukan produk… mm jadi bahan deh 🙂

  3. #ndop:
    ya kan khusus cewe’

    #tiwi:
    tapi memang sebenarnya kulit orang indonesia itu adalah kulit yang terbaik. mulus, tanpa bercak, dan berwarna. tidak hitam tapi tidak putih. tapi sayang orang indonesia itu mudah di-drive oleh sebuah pendekatan emosional seperti iklan

    #anang:
    putih hati, beku la’an? 😛

    #aRuL:
    dua-duanya :))

    #Nike:
    namanya juga sebuah iklan, hiperbolis adalah salah satu genre yang paling mudah menyentuh pemirsa.

  4. Iklan-iklan produk kecantikan mah memang selalu hiperbolis. Model-modelnya pun pasti sudah aslinya ayu dan putih. Liat aja, sejak jaman dulu sabun lux yang diposisikan sebagai sabun kecantikan, selalu pakai model yang ayu (selalu putih, mulus) dan elegan. Pokoke sempurna.
    Tapi, kasus Ponds ini memang harus diakui, iklannya bagus, mengundang rasa ingin tahu.
    Tertarik mencermati iklannya, bukan berarti saya tertarik pakai produknya lho……hehehe, soalnya kata anakku,kulitku sudah mulus sih, dan bukan karena produk-produk kecantikan yang diiklankan itu lho………Cheers, vlisa

  5. dan inilah yang membuat perempuan jadi korban… sangat tidak suka dan menolak mentah mentah definisi sempurna versi ponds… toh saya juga tidak pakai ponds… hm… ah… lagipula buat apa jadi sempurna :p

  6. wow,,ya2,mang Unilever ini jagoan bangget…

    rasa2nya semua produknya tuh laku keras lho..
    mungkin bisa dibilang dia ini leader di Indo,,

    ayo donk produk2 Indo jangan mau kalah sama Unilever,,kembangkan sayapmu!!haha….

  7. hehehehe, emang bgs bgt tuh iklan. ogilvy emang te ope bege te. CD nya pasti cewek, dan story boardnya adl pengalaman pribadinya (hihihihi, secara ending nya di bikin hepi)
    Hope iklan ini juga yg bisa bikin guwe sukses buat dpt titel M.Si guwe –> tapi sungguh, di tulisan guwe, guwe gak setuju bgt sm konsep cantik perempuan nya pond’s, mudah2an aja next ada Creative Director (both Male/Female) yang lebih sensitif untuk issues gender yang terlanjur udah mendarah daging ini. Then perempuan gak cuman melulu jadi objek di ephoria media massa.

  8. muka jangn diputihkan lho, warna asli kulit muka paling nggak sama dgn bagian dalam lengan. dicerahkan aja lebh baik , artinya tidak kusam. kalo gatal-2 , ya jangan dipakai dong. Coba yang lain, khan banyak produk perawatan kulit muka.

  9. Iklan Ponds emang bagus sich.. selalu kreatif dalam menarik target marketnya.. emm tapi menurutku cantik itu tidak selalu harus memiliki kulit putih. tapi memiliki hati yang bersih. Karena dengan kebaikan, maka dengan sendirinya cantik itu terpancar dari diri seseorang..hehe…….

  10. Wah, klo aq kok cocok pake ponds ya? Dulu coklat kusem bs jd putih smpe dikira brdarah campuran. Gk brmksud ngibul lho..-_-v

    alhamdulillah aja deh.. Aq beruntung..

  11. Aku salah satu konsumen produk Pond’s. Kulit saya memang sudah putih karena faktor keturunan. Tp msh ada masalah d noda hitam karena bks jerawat & sinar matahari. Alhamdulillah saya cocok menggunakan Pond’s Clear Solution. Tergantung jenis kulitnya sh, cocok atw tdk u/ produk tertentu.

  12. Menurut teman-teman, apakah iklan tersebut juga ditujukan bagi orang PAPUA?
    Dan apakah orang Papua (yang secara genetik memiliki kulit berwarna hitam) menyukai iklan POND’S dan tertarik untuk membelinya??

  13. AKu setuju banget dengan bunda GH
    Ngga setuju dengan konsep cantiknya Pond’s meskipun briliant bgt
    attacking the most senstive partnya cewek cewek
    feeling insecure dia bakal diperhatikan atau di cintai ngga klo ngga punya cantik lahirian yg aduhai bgt kaya iklan ponds

    aku lebih suka iklan body shop ” you dont have to be while and slim to be happy” hehehhehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *