Jalan-Jalan Tulungagung: Pantai Brumbun

Posted by: on May 6, 2008 | 51 Comments

FLICKR
Dari Puncak Bukit | Lokasi: Pantai Brumbun, Tulungagung, Jawa Timur
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM (lensa wajib buat landscaper!)

Pantai Brumbun terletak di wewengkon Kabupaten Tulungagung yang berbatasan langsung dengan pantai selatan. Pantai kecil ini sejatinya merupakan teluk yang masih sangat alami. Berbeda dengan Pantai Popoh yang oleh Pemda Kabupaten telah resmi diekspos sebagai tempat kunjungan wisata, Pantai Brumbun seperti anak tiri yang tidak diperhatikan. Tetapi justru karena itulah, pantai ini masih sangat alami dan begitu cantik.

Terletak sekitar 35 km dari pusat kota, Pantai Brumbun bisa ditempuh melalui jalur yang sama dengan Pantai Indah Popoh. Anda bisa mengambil jalur Tulungagung – Boyolangu – Campurdarat – Ngentrong. Pertigaan SMAN 01 Campurdarat (SMA Ngentrong) belok ke kiri menuju kecamatan Pucanglaban. Sebelum sampai ibukota Pucanglaban, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun. Jalan ini berbukit-bukit, jadi perhatikan kendaraan Anda harus benar-benar fit. Di perjalanan Anda akan melihat bukit-bukit yang dulu adalah hutan kecil yang rimbun yang sekarang telah gundul dan berubah menjadi ladang jagung. :(

Berikut adalah foto-fotonya. Saya akan ekspos banyak foto di sini. Jadi bagi yang sedang fakir bandwidth, disarankan tidak membukanya. :)

Artikel Terkait:
- Sekilas Tentang Waduk Wonorejo



FLICKR | Bukit gundul. Terlihat nun jauh di sana adalah pusat tambang marmer Tulungagung.



FLICKR | Pohon kelapa di teluk kecil ini.



FLICKR | Hamparan pantai yang masih sepi pengunjung. Sangat alami.



FLICKR | Dalam filter Infra Red (Nikkor AF-S 18-55mm + Hoya R72)




FLICKR | Laguna kecil, air yang terjebak ketika laut surut.



FLICKR | Fotografer bersenjata Canon S3 IS itu tak urung jadi fotomodel dadakan.

Lokasi: Pantai Brumbun, Tulungagung, Jawa Timur
Kamera: Nikon D40 dengan lensa superwide Sigma 10-20mm HSM
Model: Nafik’ah cipluk

Kali ini Sigma benar-benar menunjukkan kesaktiannya dalam memotret landscape. Benar-benar puas. :D

51 Comments

  1. cipluk
    May 6, 2008

    wueh,,,potoku rek,,,kayak dipilem pilem,,,
    suwun ya mas,,aku wis dadi walpaper,,huehue,,,

    Reply
  2. tukang foto keliling
    May 6, 2008

    foto yang terakhir…
    langitnya bagus :)

    modelnya sapa tuh ;) )

    Reply
  3. aspirin
    May 6, 2008

    Wa..h ternyata ada pantai to selain POPOh..
    Bagusan mana yach..ma Pasir Putihnya Prigi..
    Hm..hm..

    Reply
  4. ndop
    May 6, 2008

    ya amyun… apik-apik photone… keren-keren…

    bos, dulur-dulurku nglumpuk kabeh nang sumberdadi sumbergempol tulungagung… ndelok photo-photone sampeyan, dadi pengen mrono..

    Reply
  5. det
    May 6, 2008

    jambul asli keren!!!

    Reply
  6. det
    May 6, 2008

    ehem-ehem…
    modelnya itu siapa cak?
    hm…
    hm…
    kayaknya dulu sering lihat di kampus.. :)

    Reply
  7. aRuL
    May 6, 2008

    yah ampun… ternyata tulungagung keren juga..
    sy sudah ke bendungannya… di situ menarik juga..;
    ndak ke situ tah?

    Reply
  8. yokeiju
    May 7, 2008

    jadi pengen traveling ke sana ……

    *nunggu punya duit buat rekreasi*

    Reply
  9. [H]Yudee
    May 7, 2008

    kereeen fotonya boss …

    mantafff ……

    *terutama yg sebelum terakhir dan terakhir … langitnyaaaaa …. gak kuku dweeeh ….

    Reply
  10. Galih Satria
    May 7, 2008

    #ALL:
    terima kasih pujiannya. setelah ini masih ada satu lagi lho: Pantai Prigi Trenggalek. ditunggu yaaaa… :D

    Reply
  11. adams
    May 7, 2008

    mantabs lah pokoknya, tapi gw paling suka “pohon kelapa di teluk kecil” sayang langitnya ga seperti “laguna kecil”

    Reply
  12. Ery Murti Buwono
    May 26, 2008

    Mantap Foto – fotonya…

    Reply
  13. bambang suprihatin
    June 15, 2008

    bagus banget pantainya ,saya pernah tinggal 19 tahun di tulungagung sampe lulus stm negeri tapi belum sempat kepantai itu.jujur jadinya pengen ke pantai itu

    Reply
  14. cupid
    June 17, 2008

    BrUmbUn kEreN………!!!!!!!

    Reply
  15. Jalan-Jalan Tulungagung: Pantai Prigi | – A New Day Has Come
    July 1, 2008

    [...] Ups, maaf, sebenarnya pantai Prigi tidak berada di daerah Tulungagung, tetapi kabupaten Trenggalek (kalau nggak diberi pernyataan begini bisa-bisa mas selebritis ini protes ^^). Namun dari sekian banyak pantai di pesisir pantai selatan di pulau Jawa, pantai Prigi adalah yang terbaik. Berhubung jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kabupaten Tulungagung, orang Tulungagung malah jauh lebih senang ke pantai Prigi daripada pantai-pantai lain di daerah kabupaten Tulungagung: Pantai Popoh, Sidem, Sine, atau Brumbun. [...]

    Reply
  16. yudistira
    July 3, 2008

    landscape nya bagus.yg judulnya hamparan pantai yang masih sangat sepi bagus bgt pemilihan langitnya.beruntungnya anda…..
    kalo yg bukit gundul itu langitnya bagus tp komposisi obyeknya gak jelas.landscape sih,tp bs lebih bagus sebenernya.itu menurut saya lho.jgn marah.sama2 tulungagung kan?

    Reply
  17. Galih Satria
    July 3, 2008

    #yudistira:
    thanks, anda jeli juga :)

    Reply
  18. angel
    August 22, 2008

    TA…!!! is beautiful city,,,
    I love this city,,, Mmuuuach…

    Reply
  19. rifai
    September 4, 2008

    mas, aku ijin minta fotonya tak dipublikasikan di media cetak boleh ndak?
    boleh ya?

    Reply
  20. Galih Satria
    September 4, 2008

    #rifai:
    asal diberi sumber referensi, silakan dipergunakan.

    Reply
  21. chiet
    September 17, 2008

    bwt mas galih ta koreksi dikit ya, rute ke Pantai Brumbun bukan “Sebelum sampai ibukota Pucanglaban, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun” tapi “Sebelum sampai ibukota Tanggunggunung, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun”. Pantai Brumbun sendiri termasuk wilayah Kecamatan Tanggunggunung.

    Reply
  22. satekelinci
    September 27, 2008

    Mas Galih minta ijin tak pasang di blog Padepokan 54 ya?
    Lebih oke lagi kalo pantai sebelah Brumbun, namanya Pantai Gerangan ya?

    Jalur ke Brumbun lebih enak ditempuh dari Campurdarat sebelum Besole ada pertigaan ke kiri, ikuti jalan utamanya nanti sampae ke pantai brumbun.

    ——————————————
    iklan
    Belajar mencari penghasilan dari Internet

    Reply
  23. paijos
    October 24, 2008

    Kapan ya bisa pulang ke TA? Udah kangen nih. Palagi liat post nya galih ini.
    kangen ayam lodho ama sotonya.
    itu modelnya nafiah ya?? wah neng endi saiki nduk? piye kabarmu?

    Reply
  24. Tulungagung: Gedung-Gedung Sekolah | – A New Day Has Come
    November 1, 2008

    [...] sudah saya potret. Tempat wisata yang cocok buat mojok juga sudah seperti Waduk Wonorejo, Pantai Brumbun, dan Pantai [...]

    Reply
  25. hud2
    November 14, 2008

    sma 1 boyolangu koc gak da ya???
    fotonya bagus2,sebagai orang tulungagung bangga dech biar terkenal…sayangnya kurang banyak,,,hwe2…

    Reply
  26. Dua Belas Foto Terbaik Saya di 2008 | – A New Day Has Come
    January 1, 2009

    [...] Laguna, Pantai Brumbun, Tulungagung 22 Maret 2008 | Nikon D40 | Sigma 10-20 mm HSM | Landscape [...]

    Reply
  27. erLien
    February 4, 2009

    wow Q kgum ma tuLungagung ku tErcintA trnyTa inDah bgtzz…
    mW dunx jd waLpapernY,,,,,
    hehehe

    Reply
  28. wong ilang
    February 6, 2009

    siiiiiip pul potonya

    keren abis

    Reply
  29. Theo
    April 3, 2009

    pantai brumbun kayaknya di kecamatan tanggunggunung, kalo kecamatan pucanglaban pantai molang.

    Reply
  30. kumara
    May 7, 2009

    emg hunting di tulungagung kpn tuh????
    n kapan lage hunting di tulungagung?????
    q ingin ikut hunting
    add YM q dech bro…
    mibu_kyoshiro_20@yahoo.co.id

    Reply
  31. dewie
    May 8, 2009

    aku pengen balik ke JATIM jadinye…

    Reply
  32. dewie
    May 8, 2009

    aku pengen kembali ke JATIM jadinya

    Reply
  33. joker
    June 27, 2009

    misi mas…
    pantainya dari kota brp jam yw??

    qw mw ksana soale….tapi gtw jalan…T.T

    Reply
  34. erna
    July 6, 2009

    aq pernah camping disana , benare ada lagi pantai yg lebih bagus kita ke balik bukit kecil didaerah itu ada pantai dgan pasir putih sangat bersih dan tdak ada penghuninya, trus naik bukit kecil lagi kita ketemu pantai dengan pasir hitam lebih alami lagi . tanpa penghuni seru banget.

    Reply
  35. ndut
    July 29, 2009

    wah q kira2 udah 4 thun q gak ksana, jd pgn pulang nich…..wooo so great.bagus bgt.

    Reply
  36. ndut
    July 29, 2009

    sukses buat km

    Reply
  37. shawnes90
    August 26, 2009

    kenangan begitu indah di pantai ini,kala masih pacaran ma istriku dan kala aq menyalurkan hobbi mancingku di pantai brumbun ini……aq rindu pesona n keindahanmu ….pantai brumbun kau menyimpan begitu banyak kenangan indah,nti klu aq dah kembali lg di negriku tercinta,pasti aq khan menjengukmu

    Reply
  38. rany
    November 15, 2009

    inilah salah satu dari sekan banyak pantai yang ada di t.a. alias tulungagung.
    I LOVE MY CITY

    Reply
  39. brian
    January 16, 2010

    laGuNa KeCil,di SiTu AkU Mo Di maKaN BuAya.HaTi Hati NeNg kono

    Reply
  40. Prof
    February 14, 2010

    waw bagus pnjelasannya sesuai dengan aslinya……

    Reply
  41. sofasofie
    February 20, 2010

    fotone jan buagus pie kenyataane belum tentu cz au lom kesana…

    Reply
  42. fendy
    April 8, 2010

    pas smp biyen dolen mrunu sam.. ndek pantai brumbun apik pisan lhooo
    waduk wonorejo pisan. Josh tenan wesss

    Reply
  43. topa
    August 13, 2010

    Jujur bos…
    Brumbun sangatlah indah, pengalamanku mancing tak terlupakan. Dari pathok Alang2, godhek, semampir, karang manten dll. Belum lagi selo lawang yang hanya dapat dinikmati apabila kita naik Perahu.
    Sayang kalau tidak kita nikmati keindahan ini, anugerah Sang kuasa.
    Kita harus menjaga keindahan ini untuk anak cucu kita. Brumbun dengan segala keindahannya janganlah dihancurkan oleh keserakahan manusia.
    Tinggal kita sebagai manusia menjaga keindahan dan kealamian pantai ini. SUNGGUH JANGAN SAMPAI BRUMBUN RUSAK.
    Harus kita perhatikan warga sekitar brumbun yang menjadi tombak untuk kelestarian brumbun.
    TRIMS
    Karang Fisherman
    TULUNGAGUNG

    Reply
  44. ATHY
    September 23, 2010

    waoooo….. keren ! jadi ingin kesana lagi nich tapi sayang sekarng aq jauh di PAPUA.
    salam kenal buat semua.

    Reply
  45. ATHY
    September 23, 2010

    thanks

    Reply
  46. kodrat wahyudi
    September 25, 2010

    lumayan

    Reply
  47. ella
    March 11, 2011

    kapan2 aq boleh ikut g? foto2….lihat foto kalian jdi iri….lebih bagus lg pantai gerangan klo g….pantai pasir hitem yang ada di balik bukit dekat pantai gerangan
    tar aq dikabari z klo foto2 lg

    Reply
  48. MainVirgiawan
    October 31, 2011

    mantap bro Brumbun.

    Reply
  49. Dida M
    March 27, 2012

    mohon bantuan informasi tentang pantai brumbun dan pantai pantai di tulungagung, terima kasih

    Reply
  50. andrew bali
    May 21, 2012

    brow q mw ngajak tamu dari australia….enak nya jlan” kmna yaw klo mw wisata ke tulungagung

    Reply
  51. rony
    May 16, 2013

    waoooooooooo elok tenan

    Reply

Leave a Reply

Switch to our mobile site