Jalan-Jalan Tulungagung: Pantai Brumbun

FLICKR
Dari Puncak Bukit | Lokasi: Pantai Brumbun, Tulungagung, Jawa Timur
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM (lensa wajib buat landscaper!)

Pantai Brumbun terletak di wewengkon Kabupaten Tulungagung yang berbatasan langsung dengan pantai selatan. Pantai kecil ini sejatinya merupakan teluk yang masih sangat alami. Berbeda dengan Pantai Popoh yang oleh Pemda Kabupaten telah resmi diekspos sebagai tempat kunjungan wisata, Pantai Brumbun seperti anak tiri yang tidak diperhatikan. Tetapi justru karena itulah, pantai ini masih sangat alami dan begitu cantik.

Terletak sekitar 35 km dari pusat kota, Pantai Brumbun bisa ditempuh melalui jalur yang sama dengan Pantai Indah Popoh. Anda bisa mengambil jalur Tulungagung – Boyolangu – Campurdarat – Ngentrong. Pertigaan SMAN 01 Campurdarat (SMA Ngentrong) belok ke kiri menuju kecamatan Pucanglaban. Sebelum sampai ibukota Pucanglaban, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun. Jalan ini berbukit-bukit, jadi perhatikan kendaraan Anda harus benar-benar fit. Di perjalanan Anda akan melihat bukit-bukit yang dulu adalah hutan kecil yang rimbun yang sekarang telah gundul dan berubah menjadi ladang jagung. :(

Berikut adalah foto-fotonya. Saya akan ekspos banyak foto di sini. Jadi bagi yang sedang fakir bandwidth, disarankan tidak membukanya. :)

Artikel Terkait:
Sekilas Tentang Waduk Wonorejo



FLICKR | Bukit gundul. Terlihat nun jauh di sana adalah pusat tambang marmer Tulungagung.



FLICKR | Pohon kelapa di teluk kecil ini.



FLICKR | Hamparan pantai yang masih sepi pengunjung. Sangat alami.



FLICKR | Dalam filter Infra Red (Nikkor AF-S 18-55mm + Hoya R72)




FLICKR | Laguna kecil, air yang terjebak ketika laut surut.



FLICKR | Fotografer bersenjata Canon S3 IS itu tak urung jadi fotomodel dadakan.

Lokasi: Pantai Brumbun, Tulungagung, Jawa Timur
Kamera: Nikon D40 dengan lensa superwide Sigma 10-20mm HSM
Model: Nafik’ah cipluk

Kali ini Sigma benar-benar menunjukkan kesaktiannya dalam memotret landscape. Benar-benar puas. :D

52 thoughts on “Jalan-Jalan Tulungagung: Pantai Brumbun”

  1. ya amyun… apik-apik photone… keren-keren…

    bos, dulur-dulurku nglumpuk kabeh nang sumberdadi sumbergempol tulungagung… ndelok photo-photone sampeyan, dadi pengen mrono..

  2. bagus banget pantainya ,saya pernah tinggal 19 tahun di tulungagung sampe lulus stm negeri tapi belum sempat kepantai itu.jujur jadinya pengen ke pantai itu

  3. landscape nya bagus.yg judulnya hamparan pantai yang masih sangat sepi bagus bgt pemilihan langitnya.beruntungnya anda…..
    kalo yg bukit gundul itu langitnya bagus tp komposisi obyeknya gak jelas.landscape sih,tp bs lebih bagus sebenernya.itu menurut saya lho.jgn marah.sama2 tulungagung kan?

  4. bwt mas galih ta koreksi dikit ya, rute ke Pantai Brumbun bukan “Sebelum sampai ibukota Pucanglaban, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun” tapi “Sebelum sampai ibukota Tanggunggunung, ada jalan kecil ke kanan beraspal jelek yang menuju pantai Brumbun”. Pantai Brumbun sendiri termasuk wilayah Kecamatan Tanggunggunung.

  5. Kapan ya bisa pulang ke TA? Udah kangen nih. Palagi liat post nya galih ini.
    kangen ayam lodho ama sotonya.
    itu modelnya nafiah ya?? wah neng endi saiki nduk? piye kabarmu?

  6. sma 1 boyolangu koc gak da ya???
    fotonya bagus2,sebagai orang tulungagung bangga dech biar terkenal…sayangnya kurang banyak,,,hwe2…

  7. aq pernah camping disana , benare ada lagi pantai yg lebih bagus kita ke balik bukit kecil didaerah itu ada pantai dgan pasir putih sangat bersih dan tdak ada penghuninya, trus naik bukit kecil lagi kita ketemu pantai dengan pasir hitam lebih alami lagi . tanpa penghuni seru banget.

  8. kenangan begitu indah di pantai ini,kala masih pacaran ma istriku dan kala aq menyalurkan hobbi mancingku di pantai brumbun ini……aq rindu pesona n keindahanmu ….pantai brumbun kau menyimpan begitu banyak kenangan indah,nti klu aq dah kembali lg di negriku tercinta,pasti aq khan menjengukmu

  9. Jujur bos…
    Brumbun sangatlah indah, pengalamanku mancing tak terlupakan. Dari pathok Alang2, godhek, semampir, karang manten dll. Belum lagi selo lawang yang hanya dapat dinikmati apabila kita naik Perahu.
    Sayang kalau tidak kita nikmati keindahan ini, anugerah Sang kuasa.
    Kita harus menjaga keindahan ini untuk anak cucu kita. Brumbun dengan segala keindahannya janganlah dihancurkan oleh keserakahan manusia.
    Tinggal kita sebagai manusia menjaga keindahan dan kealamian pantai ini. SUNGGUH JANGAN SAMPAI BRUMBUN RUSAK.
    Harus kita perhatikan warga sekitar brumbun yang menjadi tombak untuk kelestarian brumbun.
    TRIMS
    Karang Fisherman
    TULUNGAGUNG

  10. kapan2 aq boleh ikut g? foto2….lihat foto kalian jdi iri….lebih bagus lg pantai gerangan klo g….pantai pasir hitem yang ada di balik bukit dekat pantai gerangan
    tar aq dikabari z klo foto2 lg

  11. wkwkwkwkkw,,, btul temptNya indah,, kalau udh tau jlanNya gk bkalan ada yang ngulangi lg,,,, udh jln nya trjal,,naik turun,, hancur smua,, bikin mobil sma mtor rusakkk,, aku gk brani ksana lg ,,, capekkkkkkkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>