Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia


FLICKR
Lokasi: Kampus FK UI, Salemba, Jakarta
Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Saya terdiam sesaat setelah mengambil foto ini. Terpesona oleh pemandangan yang ada di depan saya. Bangunan tua berlabel Fakultas Kedokteran ini telah melahirkan ribuan dokter-dokter handal di Indonesia. Bangunan tua ini tampak begitu anggun dan berwibawa.

Tapi ketika saya lihat ada CRV di situ, keanggunan ini serta merta berubah menjadi keangkuhan. Zaman telah berubah. Gedung ini semakin lama semakin eksklusif, dan halaman luasnya telah menjadi lapangan parkir laksana showroom mobil mewah. Apakah saya kelak mampu mengantarkan anak saya ke dalam gedung ini?

….

111 thoughts on “Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

  1. Galih Satria Post author

    #tukang foto keliling:
    dasar orang IT, selalu mengartikan secara denotatif :P

    #det:
    iya, aku lihatnya juga pasti banyak hantu-hantu noni belanda :D

    #Hedi:
    buat masuk situ, syarat utama harus punya mobil mewah ;))

    #farid:
    lha sama sama saya :D

    Reply
  2. dnial

    Aku malah inget sama STOVIA, cikal-bakal berdirinya Budi Utomo.

    Di jaman pergerakan, gerakan nasional dimulai dari para dokter yang resah melihat masyarakat yang sengsara dan ingin menyembuhkan mereka, bukan hanya badannya tapi juga jiwa dan kehidupan sosial masyarakat, meski para dokter saat itu belum tahu makna kemerdekaan, atau nasionalisme.

    Sekarang?

    Reply
  3. uxmay

    saya lagi membangun kampus, modelnya sih pengen seperti ini, tapi bukan untuk jurusan komputer dan bahasa inggris cocok nga ya. kasi saran dong ke saya, saya lagi mumet ni mikirin ya.

    Reply
  4. Ir. Hj. Maya Suswati, MM, MBA

    SUBHANALLAH … foto gedung FKUI yang penuh makna tersirat didalamnya.
    Abaikan CRV atau mobil mewah lainnya yang “hanya” sarana duniawi.
    Yang pasti cuma dua profesi yang basic-nya harus dari HATI NURANI. GURU yang merupakan “pahlawan” tanpa tanda jasa atau DOKTER yang “tidak malpraktek”.
    Insya ALLAH … anda dan saya diberikan kesempatan & kemampuan untuk mengantarkan putra/putri menuju gerbang tersebut, demi menggapai cita-cita juga demi masa depan anak bangsa yang sehat jasmani maupun rohani.
    Amin amin amin ya robbal alamin.

    Reply
  5. aku ajah

    hhhuuuaaa!!!
    kereeen bgt foto2nya..
    walopun FK sereem banget gedungnya..
    tepi tetep aja prestisenya tinggi..

    pokonya keren..

    tapi tnang aja..
    ntar kalo uda pindah ke depok jadi gak serem lagi deh..
    hheeee

    Reply
  6. yoe

    Semoga anak-anak kita nanti kelak dapat pendidikan layak dan lebih layak lagi ketimbang sekarang.. aminnnnnnnnnnnnnn!!!!

    semoga ada titik balik, Indonesia jadi hebat, dan sekolah memang benar2 GRATIS… Aminnnnnnnnnnn!!!

    Reply
  7. yoe

    Semoga anak-anak kita nanti kelak dapat pendidikan layak dan lebih layak lagi ketimbang sekarang.. aminnnnnnnnnnnnnn!!!!

    semoga ada titik balik, Indonesia jadi hebat, dan sekolah memang benar2 GRATIS… Aminnnnnnnnnnn!!!

    nb: iyah, katanya FK UI emang bakal pindah ke Depok, tapi entah kapan realisasinya..

    Reply
  8. clara

    ui aduh itu univ. impian ku n ortu q….
    q pgn bgt dh msuk fk ui but klo biaya masuknya aja sgtu apa ga kmahalan ya???

    to aja br biaya msuk trus klo biaya /semesternya brapa?????

    anak2 daerah yg berprestasi yg pst msk lwt spmb aja mgkn tkut x bgt ngeliat biaya msuknya..

    Reply
  9. diiinar

    fiugg doain ya biar gue bsa masuk FKUI. hhe
    abis gue pgn bgd masuk sana,apalagi yang namanya jadi dokter tuh idaman setiap orang,dan kalo gue bisa masuk sana..wuuiww hebat..hebat..
    pokoknya gue doain buat semua angkatan 2009 lulus semua..amiiienn :)

    Reply
  10. Muhammad Dasriyal

    Saya Ingin Sekali bisa ngambil Jurusan Kedokteran FKUI, kalu saja aku bisa masuk ke sana allhamdulillah, soalnya itu menjadi Impian saya sejak kecil, Insya Allah saya bisa menembus jurusan tersebut dan menjadi Dokter yang baik dan mempunyai jiwa yang baik terhadap masyarakat… Amin………

    Reply
  11. dhea cfkui

    masuk fkui emg udah jdi impian…
    tp bukan berarti nggak bisa jdi knyataan bukan?
    dan sulit jg bukan berarti nggak bisa dilakuin.
    so..
    fkui,,, my name will be on your list in 2010 year..
    (Insya ALLAH)
    (Amiiiiiiiin……)

    Reply
  12. N.Y.L..A

    Allhamdullilah wasyukurilah .
    siapa yang nyangka ntr lg aq bkal bljr di gedung itu .
    rasa ne sprti mimpi . . . .
    yang jd nyata .

    wait me FKUI .

    Reply
  13. Donna

    aq saat ini lagi bingung mau msuk fakultas mana
    saat ini saya berkeinginan ambil kedokteran
    tapi saya takut saya gak sanggup ambil jurusan tersebt
    karna nilai yang saya dapatkan hanya pas2 aja.
    jadi, saya bingung bgt.
    awalnya saya memiliki keingnn msuk FKUI
    dan saat ini saya lagi SMA 3 dan sambil mencari untuk kelanjtannya
    so… selagi ortu msh mmp knpa gak diambil.
    tolong dong bntuin saya.

    Reply
  14. lucky

    mnrt aku…klo mau duduk di kursi yang mana gedung nya fk ui,harus punya buanyak uang deh…..

    untuk biaya pangkal pendidikan aja mahal bgt,,,,,…
    apalagi hampir 80% kan ymg diambil dari jalur mandiri

    Reply
  15. LOlika

    aku sih lulus ya masuk fk ui tahun 2006.
    scor ku melewati batas passinggrade….tapi,karna biaya pangkal n sumbangan nya bertotal Rp.56.000.000
    aku batal n dendam ama ui……akhirnya aku kuliah di Australi,karna beasiswa

    Reply
  16. frina

    saya harus berusah masuk ui kedokteran
    emangnya orang kaya doank yg bisa
    lu kira ui buat pamer mobil

    Reply
  17. zul Amri

    Disegala aspek skrg ini menonjolkan materi, KKN, sudah melupakan Cita2 pejuang ’45 ntuk memajukan segenap anak bangsanya yg punya prestasi bagus, tapi tdk kuliah krn tdk punya uang, kecuali org tuanya kaya raya, mudahan UI tidak seperti institusi lainnya bisa mempertimbangkan Siswa berprestasi tapi orang tuanya miskin dpt diterima masuk UI dgn prosentase [50 : :50] % jalur mandiri dan jalur spmb-simak,dll.
    Demikian, dari orangtua anak yg ingin masuk UI tapi kurang mampu.
    Wassalam

    Reply
  18. rian setiawan

    bisa gak ya orang kere mlarat seperti aku bisa masuk fkui………..

    mungkin hayalan saja!!!!!!

    sedih se umur hidup pasti ya kalo aku setahun lagi nggak bisa masuk fk….
    mang dah mau dari dulu kala tapi???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    semoga ada aja jalan nya !!!!!

    mohon doa nya………..

    Reply
  19. Cuute..

    saya mahasiswa baru FKUI angkatan 2009,, FKUI tuh ga ampe ratusan juta koq uang masuknya, maks 33 jt 2 ratus ribu,,
    teman2 saya yg seangkatan dengan saya namun tidak mampu bs mengajukan keringanan lwt BOP, bhkan tmen saya itu uang smstrannya 1 jt,, dan total uang msknya 10 jt..
    Sebenarnya kita bisa mengajukan keringanan hingga uang pangkal NOL rupiah dan uang semesternya hanya 100 rb.. Trmsk terjangkau bukan utk standar FK??

    So,, bwt ade2 n kalian yg pngen bgt msk FKUI ga ush tkt dgn masalah dana,, krn stlah kalian msk k fakultas ini kalian jg akan ditawarin bnyk beasiswa trutama buat yg ga mampu secara finansial.. Tinggal bagaimana usaha kalian untuk lolos ujian masuknya.. SEMANGAT!!!

    Reply
  20. choifyn

    FK UI…………………………………………………………..
    My dream……………………..

    I want…………….
    Moga bisa masuk sini….
    Amin….

    Reply
  21. dhyan

    Ya ALLAH Luluskanlah aku di FKUI. . .amiieeennn ya Rabbal alamin. . .

    Wait me FKUI. . .
    tahun 2010. . .

    YES I CAN. . .

    Reply
  22. fkui 2009

    Saya mahasiswa FKUI angkatan 2009. Seperti yang udah dijelasin Cuute di atas, sebenernya buat mahasiswa yang kurang mampu secara finansial bisa kok mengajukan permohonan keringanan uang pangkal dan uang kuliahnya. Jadi jangan langsung ngerasa takut karna masalah biaya. Waktu kita baru masuk malah dibilangin kalo FKUI ga akan membiarkan mahasiswanya putus kuliah karna masalah biaya. Asal ada usaha dan kemauan, banyak cara untuk dapet keringanan biaya. Bisa lewat beasiswa ato minta keringanan BOP. Yang penting berusaha semaksimal mungkin supaya diterima. Jangan putus asa dulu. Ayo semangat, para calon dokter!

    Reply
  23. ghina

    aq mo tnya ……? aq brminat s”kali tuk msk fkui. yg jd msalhnya klw mo msk fkui nilai uan standarnya hrz brpa ya……….? tlong dong britawu ka2k calon dokter yg cakep N yg cantik2 ………? thanx

    Reply
  24. boeing

    asslamualaikum………………………………………………………………………………………..
    FK UI. cita citaku sejak lahir buat masuk sini,doain ya semuanya…………………………
    tapi kira kira nyampe ga ya?tolong dong para alumni FKUI kasih tips tips biar sukses ikut simak ui fakultas kedokterannya.THANKS
    WASALAM

    Reply
  25. ss

    aduhai lihat lekukatn di sudut sudtnya itu, lihat bagaimana supaya bisa masuk kesitu, betapa mudahnya kalau taucaranya, betapa indahnya kalau tau caranya

    Reply
  26. vanadium

    pgn bgt msk fkui,, tp kyknya slah msk sma, aku di sekolah analis kimia, kra2 msh bsa gak msk fkui? udh gt sekolah aku di bwah dep. perindustrian. bkn dep. pendidikan. bsa gak?

    Reply
  27. ayaaaa:D

    wweeeeew. my future dream. ak skrg msh kls 3 smp. tp kalo udh lulus SMA ak kpingin masuk UI. doain ajaa yaaah supaya berhasil:)

    Reply
  28. thia

    wahh FK UI ..
    susah ga yaa masuk sini ?
    ak kpengen banget masuk sini buat ngbahagiain mama . smoga tercapai , amiinn ..

    Reply
  29. arthy adel

    wah, gak lama lg gu bakal coba nh simak UI . Semoga aja bisa msuk FKUI y Allah .
    amin ! Mhon do’a ny yh smua .

    Reply
  30. auLia

    Aq ingin jadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran UI.. InsyaAllah aq akan belajar dengan sungguh-sungguh supaya bisa merealisasikan keinginanku.. Amin

    Reply
  31. arkina

    diri qu meman aneh.. lu”s smp ja blm dach cr univ yg bgz.. bkannya cr sma yg bgz..

    q cr univ yg emang bnr” bgz,,,,
    mlai dr kcil dach siapin bwt biaya kedokteran,,klau smp/sma ortu sich sanggup..
    klau kul p lg di kedokteran q jg hrz siap” uang tabungan..
    p lg q mau ambil spesialis kan kira” tab hrz pnya 500 jta..
    q n’ ortu jg dach sring musyawarah breng bwt ambil kedokteran dan kata ortu..
    yg pnting km sklah yg pinter j,, hahahahahahhhh.. ^^

    Reply
  32. Danu

    saya pengen bgt masuk FK UI… buat kaka2 yg ganteng n cantik… ada yg punya Info ga dgn cara jalur apa aja kita bisa masuk sana?? pliz bantu saya… saya pingin bgt jd dokter… dan saya punya cita2 yg besar.. jika saya jadi dokter nanti… saya skr kelas 2 SMA… di SMAN 2 BOGOR..

    jika ada orang yg mau bantu saya n memberi info tentang cara masuk fakultas kedokteran plz bgd kabarin saya di Gudubragh@yahoo.com

    saya sgt brtrimakasih bgd sblumnya… (^_^)

    Reply
  33. galuh

    Bismillahirrahmanirrahim, mudah2an Allah SWT memudahkan jalanku buat masuk FKUI, salah satu mimpi terbesarku
    Insya Allah, Allahuma Amin :)

    Reply
  34. anonymous

    FKUI ga mahaaaaal, kuliah di UI ga bakal mahaaal.. saya dapet murah bangeeet di FKUI.. UI ngeliat keadaan ekonomi keluarga, top bngt deh

    Reply
  35. ayu

    kak aku pngen bged msuk fk,tp sya takud dgn ung smester yg mahal,
    cara dapetin bop berkeadilan itu susah gak sih kak …?

    Reply
  36. Adin

    aq pengen bgt masuk FK UI,tapi aku anak IPS,waalau bge mna juga aq sekarang sedang berjuang untuk mengambil dari jalur SNMPTN,SEMOGA AJAH dengan perjunagan ,niat dan semngat ku ini aku bisa masuk Gedung putih itu,

    buat kk-kk yg sudah masuk FK UI ,aq mau tanya apa bener biaya” sampe ratusan juta………………………
    mohon informasi nya terimakasih.

    Reply
  37. aini

    pengen bgt bs masuk fk ui..
    keinginan itu selalu muncul difikiran aq, stiap x aq ketemu dokter di rs.
    tp melihat k’adaan orang tua ku yg skrg.. akhirnya dengan berat hati, obsesi itu aq kubur dalam2 :'( ..

    Reply
  38. putri

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya benar-benar tertarik dengan FK UI. Saya pun sudah mendengar banyak cerita tentang mahasiswa/wi nya sendiri dari keluarga menengah ke atas sampai keluarga menengah ke bawah. Saya salut dengan FK UI yang sangat mengedepankan quality dari pada quantity seseorang.
    Berhubung saya masih kelas 2 sma, saya punya kesempatan banyak untuk berlatih dan belajar agar bisa lolos ke FK UI.
    Mohon doanya ya..:)

    Wassalamualaikum wr.wb

    Reply
  39. putri ananda

    saya pengen nian masuk fakultas kedokteran tapi saya jurusan ips bisak g’ ya saya masuk kesana………?

    Reply
  40. tanti rahmawati

    ass mikum
    aq pengiin bgtzz masuk ui ngambil kedokteran biar orang tuan qu bangga seneng sama aq,,,, tpi biisa gg siich aq masuk,,,,cozz aq lulusan smk,,,, tyuzz aq gg taw di umur 16 thun niiich bisa gg yah aq bertahan hidup untuk ditahun depan yah

    Reply
  41. Chandra dinata

    wuuah., nice picture, keep posting gan. boleh nanya nih saya..!!!
    temen2 dr FK UI 2009 ini, apa kenal dengan namanya audry sanjaya hilwil men…?? Dia juga angkatan 2009 FK UI. Mohon balesannya..,

    Reply
  42. reyhankasai

    mohon doa dan dukungan dari semuanya. semoga saja kesempatan terakhir ikut tes dan memilih fk ui bisa saya capai. amiinn

    impian terbesar saya adalah menjadi salah satu dokter indonesia yang go international. rasanya ingin sekali berkerja sama dengan seluruh IDI dalam mengantisipasi penyakit terutama menemukan obat tertentu untuk kanker. Karena saya percaya semakin kita berusaha semakin besar kemungkinan untuk mencapai apa yang kita dan orang lain butuhkan.

    wish me luck in UMB 2010.
    raihan fitri kasai

    Reply
  43. dudung

    tahun ini masuk FKUI max.bayar dgn semester pertama Rp.33.2juta,boleh diangsur 3x.kalau anda keberatan bisa ajukan BOP keadilan dan bisa dapat keringannya.Soal …

    Reply
  44. irvan

    Ya Allah,,, klw Engkau memang menakdirkan hamba melanjutkan sekolah disitu maka kabulkanlah ,,, soalnya saya dari dulu sangat mengidamkan tuk bisa lanjutin fak. kedokteran disitu…, Amiinn !! Teman2 semua yg baca ini doa’in ya ….. :^)

    Reply
  45. RIVA

    FKUI YELLOW JACKET..!

    aku uda 3 kali GAGAL
    terpaksa ikut paket C
    PERJUANGAN KE FK nggak boleh brenti.
    FIGHT TEMAN2..!

    Reply
  46. Cuute..

    SEMANGAT!!! kalo mau masuk FKUI:
    1. Belajar yang rajin
    Ulangin pelajaran dari klas x-xii
    2. Banyak latihan soal-soal ujian masuk FKUI
    3. Kalo ga ngerti sama soalnya, tanya ke guru atau temen yang lebih ngerti
    4. Banyak berbuat baik
    5. Berdoa
    6. Jangan cepet nyerah kalo ga diterima di salah satu jalur masuk, kan masih ada jalur masuk yang lain. Siapa tau hoki kamu ada di jalur yang lain.
    7. Percaya diri
    8. Yakin kalo kamu bakal diterima di FKUI

    Yang dites kalo buat kelas reguler: mat dasar, b.indonesia, b.inggris, mat ipa, biologi, fisika, kimia, ipa terpadu
    Yang dulunya SMA IPS juga berkesempatan masuk fk kok, asal lulus tes masuknya.. Faktanya di FKUI ada kok yang dulunya SMA IPS..
    Soo,, keep spirit, guys!!!

    Reply
  47. dudung

    tahun ini 2010 FKUI menerima 250 Mahasiswa diantaranya 187 mahasiswa regular (sudah termasuk jalur PMDK untuk mahasiswa daerah kl. 40 orang) ,sedangkan sisanya study Kedok.international Yang perlu ditambahkan bahwa siswa dari SMA 8/manggarai Jakarta Selatan yang diterima hampir 40 orang.sedangkan yang daftar ada sebanyak 14.300 orang. Anda tahu bahwa P.grade ujian dengan nilai total 1.100 point ,sedangkan jika mendapat minimal 1.025 angka baru bisa lolos.Kalau tidak salah ada 110 pertanyaan minimal anda harus jawab benar 102 soal.Ini kira2 gambaran buat yang berminat masuk FKUI,boleh dibilang persaingan sangat ketat. Jangan bicarakan dulu soal uang ,yang penting anda bisa lolos seleksi.

    Reply
  48. camba FKUI 2011

    Ya ALLAH s’moga taun depan sy bisa lulus UN..trus mendaftar di FKUI…
    Insyaallah sy akan diterima…. FKUI,, mank orang kaya doank yg bisa nembus lo….!!! Ello pake’ mahal2an segala…

    Helloww….
    Yg baca ini.. ada gag yg mau biayain sekolah sy nanti.y di FKUI ??? pengeeeeeeeeeennn bgt kuliah disana.. Apalagi cita2 sy adalah menjadi seorang dokter…

    Sy mau.y yg reguler aja..
    Tpi enak.y juga klw ngambil KKI…karena bisa dapat 2 gelar sekaligus,, TAPI, bayaran.y itu loh !! gag pake’ toleransi !!! NO FOR BOP-Berkeadilan…!!

    Denger2 c uang pendaftaran.y tuk taun nie bwt FK itu 400.000
    trus klw misalkan lulus simak/umb/smptn/pmdk/ ataw apalah itu uang pangkal.y 25 jt tambah biaya lain sekitar 6-8 jt….jadi total.y kira2 32-33 jt gitu ( bwt kelas S1 reguler FKUI )…

    Jdi, bwt yg laen jgn takut masuk FKUI..
    bo’onk tuh klw kalian denger sampe ratusan juta !!!
    Mank kalian mw ngambil S1 KKI ( Kelas Kedokteran Internasional ) apa ?? sampe mikirin ratusan juta segala ??

    OK ;)
    FKUI WAIT ME !! I’LL FIGHT FOR YOU !!
    Insyaallah………………………………………………………..

    Reply
  49. etri

    aku pengen banget masuk FK UI kl uda tamat sma in .
    gag trasa tgl 1,5 thun lg saya tamat . cita” ku ingin sekali msuk FK . aku ingin bahagiakan ortu ku.
    semoga ingin ku tercapai ya allah , aminn :)

    Reply
  50. diny

    IPS BISA Masuk kedokteran??
    apa harus mengikuti tes gabungan???
    Ya ………………..allah mudahkn lah AKU Masuk FKUI
    amieen

    Reply
  51. sadam

    saya ingin banget berada dilingkungan fk ui emmmmm. mudah-mudahan saya bisa jadi dokter dengan harapan bisa jadi anak bangsa yang berprestasi kapa ya saya bisa ada di situ amiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnn

    Reply
  52. nova purba

    Haduh,passing grade untuk masuk FK.UI brapa sih??
    terus,,universitas yang di Salemba,ngeri bener ya…
    ga seru kuliahnya karna hanya satu jurusan aja.Ga bisa nambah lebih banyak temen dari fakultas yang lain.
    Cita2 terbesar aku adalah Fk.UI,
    AKU HARUS LOLOS.
    emnag bener ya bakalan dipindahin ke Depok.Aku harap pas aku harap pindah ya.DOain aku agar masuk ya.

    Reply
  53. arni

    Ya Allah meski sekarang aq masih Sma tapi aq pengen banget masuk fk ui smoga Allah meridhoi dan mengabulkannya krn aq mw jd orang yang bermanfaat wt orang tua n smua orang amin… Ya Allah

    Reply
  54. FITRI NINGSIH

    Ya allah,,, mudah2n saya bisa menginjakkan kaki ke UI Program kedokteran,,,,
    dan buat ortu saya bangga,,,
    saya pengen ,mnjadi dokter yang handa.

    Reply
  55. Mrs. X

    bismillah hirahmaniromin…subhanaallah,, kalau mendengar kata kata FKUI.hemmmmmmmmmm, pngen bgt kuliah di FKUI.karena FKUI adalah fakultas yg saya ngin kan dan cita2 kan, mampukah saya bersekolah kesana? hemmm, hanya tuhan yg mnentukan smuanya, dan saya hanya bs berusaha dan berdo’a. :)

    Reply
  56. irma

    ya allah aku pengen banget masuk FKUI..
    tapi sumpah aku ga kuat sama biaya masuknya…

    ya mudah2an tahun depan aku lulus sma, aku benar2 bisa masuk FKUI…
    supaya bisa banggain kedua orang tuaku :))
    amin ya rabb

    Reply
  57. trisna

    ya tuhan aquh pngen banget msuk FKUI aq janji aq akan brusaha bt lulus dua thun kdepan dan lolos msuk ke FKUI

    Reply
  58. olink

    1 tahun lagi untuk bisa masuk FKUI,,ya allah mudahkan lah aku untuk masuk ke FKUI,,amiinn,,
    ccahhyooooo..smangat!!!!!!!!!!!

    Reply
  59. ophie

    lihat foto nya aja udah gitu :) … hem … gimana real nyah ? pastii kerend bangeet :) … allah … qw pengen banget masuk FKUI … pengen bahagia.in mama nd ayah :) amien … yakin ajah :) pastii bisa … asalkan ad usaha :D amin amin yaa rab :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>