Tujuh Cakra Avatar

Inilah kenapa saya suka film-film asing. Mereka selalu memiliki pesan-pesan yang dalam, bahkan dalam kisah Aang the Avatar: the Last Air Bender. Hal inilah yang jarang dimiliki film (apalagi sinetron) buatan Indonesia. Berikut adalah pesan yang terdapat pada salah satu serinya. Book two: Earth, Chapter 19: The Guru.

*

Dalam tahapan menguasai kebesaran Avatar, kamu harus membuka semua cakra. Cakra adalah kolam-kolam energi yang terkumpul di dalam tubuh. Kolam-kolam energi tersebut memiliki penghalang yang harus kamu buka agar dapat mengalir.

Ada tujuh cakra energi dalam tubuh kita dan setiap energi memiliki tujuan tersendiri dan dapat terbendung oleh sifat emosional tertentu. Untuk mencapai kebesaran Avatar, semua pembendung itu harus dibuka.

Inilah tujuh cakra tersebut:

  1. Cakra Bumi. Terletak di dasar tulang belakang. Dia disebabkan oleh kepercayaan. Terbendung oleh perasaan takut.
  2. Cakra Air. Cakra ini dibebaskan oleh tekanan dan dibendung oleh Cemooh. Kenyataan yang telah membuatmu menyalahkan dirimu telah terjadi. Tapi jangan membiarkannya menampar dan meracuni energimu. Jika kamu bisa berpikir positif, kamu akan bisa memaafkan dirimu sendiri.
  3. Cakra Api. Terletak pada lambung. Cakra ini adalah bagian dari perasaan. Terbendung oleh rasa malu. Apa yang membuatmu merasa malu? Apa kekecewaan di dalam jiwamu?
  4. Cakra keempat terletak di hati. Dia berurusan dengan cinta. Terbendung oleh duka cita. Lepaskan semua duka citamu. Kamu mungkin sangat kehilangan. Tapi cinta adalah energi yang sangat penting. Cinta yang berakhir bagimu, bukan berarti akhir dari energi ini. Dia masih tetap ada di dalam hatimu dan tumbuh kembali menjadi cinta baru. Biarkan kesedihan mengalir keluar.
  5. Cakra Suara. Terletak pada tenggorokan. Dia berurusan dengan kebenaran. Terbendung oleh kebohongan.
  6. Cakra Cahaya. Terletak di tengah-tengah dahi. Dia berurusan dengan batin. Terbendung oleh ilusi. Ilusi terhebat pada tingkat ini adalah ilusi dari perpecahan. Merasa sesuatu itu terpisah, namun sebenarnya adalah satu kesatuan. Bahkan keempat elemen yang terpisah (air, bumi, api, dan angin) adalah ilusi. Elemen tersebut adalah satu kesatuan.
  7. Cakra ketujuh adalah cakra terakhir. Jika cakra ini terbuka, kamu akan keluar menuju kebesaran Avatar dengan nyata. Dan saat berada di kebesaran Avatar, kamu bisa sepenuhnya mengendalikan semua tindakanmu.

    Cakra ini terletak di atas kepala. Dia berurusan dengan energi kosmis.  Terbendung oleh hal duniawi. Cara melepaskannya adalah mengacu pada air. Biarkan semuanya tersimpan, biarkan ia mengalir ke sungai, dan… lupakan.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

24 thoughts

  1. eh, barusan nonton Avatar yg book fire, cuma belom selesai

    Doh, Galih ternyata diperhatiin bener yah. Ak aj lupa masalah cakra ini.

    Kupipes ah, lumayan buat tambahan kata²

  2. Yup, that’s right man. If you open all your chakra on your body you will regain the power of Avatar. The abilities to bend all four elements. Just make sure you’re ready before you open your cakra. Because you’re the next Avatar…..

  3. utk kita yg muslim ngapain kita bingung soal cakra, dgn cara : wudlu-sholat-wirid dgn baik akan terbuka gerbang / hijab diri kita…..P A S T I ……

  4. global tv payah!!!!!!selalu nayangin avatar yang udah berulang ulang!!!!!tayangin dong yang baru,biar g pindah ke lain tv!masa,dvd’y z dah kluar,global masih nayangi yang itu itu z!avatar episode 14 mana Y?…

  5. Kalau 7 cakra itu sudah kebuka semua langsung ngapa? Apa nanti kita bisa kaya ninja? Orang ninja aja yang cakranya sudah kebuka semua masih ada rasa takut, malu, kecewa dsb atau belum bisa mengendalikan dirinya sendiri.

  6. Isa di praktekin dari 1-6,…

    dan kayaknya berhasl tapi gak taw, tapi yang benar” sulit adalah cakra cosmis, harus lupakan duniawi…

    Gak bisa… Yayank(Love you baby,,,), Uang, dll adalah sesuatu yang benar” sangat sulit dilupakan…

    Gak kayak 6 chakra yang laen…

    Mantep…! Ini yang gw cari…

  7. cakra ketujuh coi yg paling sulit dilakuin, menyingkirkan hal duniawi brarti menyingkirkan hal yg disukai daging sperti pesta, nge sex, makan yang enak2, membanggakan diri(smbong), prasaan slalu ingin menang, mengejar kekayaan, membuat smua orang bangga biar kita dapat pujian, and masih banyak lagi…bagi plajaran tentang ketujuh cakra ini adalah sama sperti suatu agama………

  8. Thank’s dah mau tulis nih artikel,, sempet sedikit inget2 pesen difilm ini tapi lupa isinya..
    Lumayan juga neh,, sayang semua gak sesimpel yang dibayangkan..
    Dimulai dari yang pertama aja sebenernya dah mulai rumit nih..
    Kepercayaan => Mengetahui kebenaran sesuatu baru menimbulkan kepercayaan, seperti mengetahui bahwa api itu panas maka kita percaya api itu panas..(lebih ditujukan kepada kesadaran manusiawi)..
    Ketakutan => Takut untuk mengakui bahwa itu adalah benar adanya(Ego)

    Sebenernya dalam tiap2 agama ada neh,, tapi masih banyak yang gak menyadarinya,, padahal tujuannya bagus sie untuk meningkatkan kesadaran..

    waduh… dah kebanyakan nih corat-coretnya,, padahal masih yang tingkat pertama.. hehehehe.. yahhh mari menuntut ilmu,, bebaskan diri dari belenggu nafsu duniawi.. maap kalo masih banyak yang salah and thank’s…

  9. cakra = energi yang kita sudah miliki sejak lahir…untuk memperbesar energi harus ada aura tubuh yang cukup baik…energi bisa di bentuk sesuai sugesti kita atau apa yg kita mau…energi bisa di ubah menjadi listrik,sehingga kita bisa ngeluarin listrik,,bahkan bertegangan tinggi,, itulah sebabnya kenapa orang bisa menyalakan lampu hanya dengan tangannya..dan energi bs berubah jd es,api,dll.sesuai kehendak kita..saran ku cari orang yang bisa buka aura mu,,biasa ustad yang bisa,,,tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *