Review Kamera Poket 2 jutaan

Beberapa hari yang lalu, saya dikirimi email oleh Mbak Widi dan bertanya kepada saya tentang kamera poket yang bagus yang harganya sekitar 2 jutaan. Saya tak pernah punya kamera poket seharga segitu. Kamera poket saya, Canon Powershot A400 sekarang hanya sekitar 1 jutaan. Jadi, dengan harga 2 jutaan, sebenarnya kita telah mendapatkan kamera digital poket dengan kualitas tinggi. Bisa dikatakan kasta tertinggi kamera poket adalah di kelas 2 jutaan. Karena lebih dari itu, posisi diduduki oleh kamera kelas prosumer dan DSLR.

Situs mana yang paling cepat untuk melihat fitur-fitur kamera? Tentu saja dpreview.com. Kamera yang saya ambil adalah:

  • Canon Ixus 70
  • Canon Ixus 75
  • Canon Powershot A560
  • Canon Powershot A570 IS
  • Nikon Coolpix L12
  • Nikon Coolpix S200

Saya mengambil informasi dari sana dan membuat matriks perbandingan antara kamera-kamera tersebut. Untuk harga, saya ambil dari toko kamera JPCKemang. Setiap item, mana yang menurut saya adalah pemenang saya tandai dan saya jumlahkan. Dari situ, terlihat bahwa Canon Powershot A570 IS menjadi pemenang. Harganya nyaris 2 juta dan memiliki fitur yang paling kaya.

Berikut ini adalah kesimpulan yang saya tuliskan di akhir matriks:

Secara fitur, Powershot A570 sangat menggiurkan, apalagi dengan harganya yang cuma 1,9 juta, PS A570 menawarkan berbagai macam hal. Yang paling mengasyikkan tentunya adalah adanya fitur Apperture Priority dan Shutter Priority. Meskipun mayoritas pengguna kamera poket adalah pengguna awam yang lebih suka point-and-shoot, tapi mungkin lambat laun kita akan jadi lebih mengerti dan tertarik soal teknik-teknik fotografi dan ingin mencobanya. Tentu sangat mengasyikkan ketika kita ingin belajar fotografi dan sudah memiliki fasilitas di tangan kita!

Secara kualitas, matriks ini tidak bisa dijadikan acuan. Memerlukan observasi yang lebih detail lagi soal bagaimana performa kamera-kamera ini. Mungkin beberapa merk (seperti Nikon Coolpix) yang berharga relatif lebih mahal daripada kamera Canon (dari segi fitur) memiliki kualitas yang lebih baik daripada Canon. Tapi sejauh yang saya tahu, untuk kamera poket, saya puas menggunakan Canon. Warnanya oke punya.

Overall, dari segi harga dan fitur, saya rasa Powershot A570 bisa dijadikan pertimbangan utama. Pertimbangan berikutnya mungkin adalah Canon Ixus 75 yang mungil, atau Coolpix L12 dari merk Nikon.

Semoga bermanfaat, dan salam njepret!

Berikut matriks-nya dalam format Microsoft Excel: matriks-kamera-2-jutaan.xls.

Published by

Galih Satria

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

32 thoughts on “Review Kamera Poket 2 jutaan”

  1. Kok, gak ngelihat ada KODAK V-series ya..?? Boleh diadu donk. Untuk outdoor saya masih milih Kodak. Kalau InDoor, Canon. Tapi kalau macro, Sony paling yahud.

    Nikon ndak pernah nyoba.. kemahalan.!!

  2. #all:
    hehe, maaf buat pecinta merk selain canon dan nikon, saya tak pernah punya pengalaman dengan merk2 selain canon dan nikon. lagipula, review ini hanya sebatas fitur saja, bukan kualitas. thanks telah mampir :)

  3. mas Galih,

    sebelumnya, review nya bagus banget nih.
    mo tanya boleh? kalo pengaruhnya processor di kamera digital apa ya? kalo di Canon Ixus 70 pake processor DIGIC III, sedang di Canon PowerShots A630 pake processor DIGIC II, bedanya dimana?

    tengs atas jawabannya..

    tri

  4. Wah komprehensif nih reviewnya, bagus Mas Galih…

    Nambahin aja dikit-dikit ya, sekedar share knowledge-maaf alo ada yang salah hehehe, canon punya beberapa lini produk :
    – Ixus : bentuk yang modis dan trendy, spesifikasi biasanya tidak sebanding harga
    – Powershot : harga cukup ekonomis,spesifikasi lumayan bagus,bentuk sih kurang keren dibanding ixus
    – Powershot G Series : Nah ini yang cukup mahal (biasa disebut prosumers) dan spesifikasi mantap banget
    – Powershot S Series : Yang ini prosumers juga, tapi titik beratnya adalah zoom optics yang sangat panjang, biasanya sampai 12x, harga ya mahal hihihi

    Kalo digic II dan III bedanya adalah Digic III lebih baru…lho? haha, Digic III sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk face recognition. So focus kamera di arahkan ke wajah orang yang ada, menjamin wajah ybs tidak blur karena tidak focus.

    Salam motret….

  5. Saya ingin belajar memotret, tapi saya ga punya camera digital. Inginii…. banget…
    Yang saya punyai hanya sebuah camera pocket doank, itu juga punya si babeh.
    Anggap ja ni curhat nak gadis berumur 19 tahun. Ngeliat orang pake camera “yang gede-gede dengan lensa yang besar-besar” buat saya terus iri. Bahkan saya juga hampir putus asa. Gimana ya supaya saya bisa kebeli camera. Yah, minimal camera digital canon apa sih yang harganya sekitar 6 juta tuh. Saya lupa. Iri banget,….

  6. Salam kenal Mba…Saya tidak terlalu ngerti fotografi tapi sepertinya saya mau jg tuh beli kameranya setelah baca review ini. Tapi ada yg boleh kredit gak ya? Mohon infonya lagi Mba….
    Thanks…

  7. salam kenal untuk semua….
    ada yang tau g’ harga charger nikon pix s200 baterai nya en-el10 berapaan ya???… minta info nya donk…. makasih….

  8. hmm..

    aq juga mw beli kamera ni…

    nah aq bingung.. mw pilih canon PS A590IS ataw A1000IS..

    bisa jelasin kekurangan n kelebihannya ga mas..

    owya.. setau saya A570IS udh discontinue..

    makasi ya^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>