Administrasi Oracle Container 4 J2EE

Oracle memiliki application server yang handal bernama Oracle Application Server yang sebenarnya roh di dalamnya adalah Orion Application Server. OAS merupakan application server yang lengkap dan kokoh, mendukung servlet hingga webservice. OAS sendiri merupakan produk komersial yang mahal, namun servlet containernya yang populer disebut Oracle Container for J2EE (OC4J) didistribusikan dengan free.

Nah, kali ini aku berhasil menyusun dokumentasi semacam “getting started” yang membahas bagaimana melakukan administrasi awal OC4J. Versi mayor OC4J yang kubahas adalah versi 10.1.2.x, kompatibel dengan spesifikasi J2EE 1.3, meskipun versi mayor terbaru adalah 10.1.3.x yang kompatibel dengan J2EE 1.4. Sebabnya adalah adanya bug yang sangat menjengkelkan pada OC4J 10.1.3 sehingga membuat aplikasi gabungan maut webwork+hibernate+spring menjadi tidak berjalan semestinya.

File-nya dapat didownload di link di bawah ini, maaf menggunakan format Microsoft Word karena tidak punya Adobe PDF creator. Terima kasih untuk Mas Aby yang mengkoreksi dokumentasi ini.

Silakan, ini lho link-nyah!! 🙂

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

10 thoughts

  1. thanks all :D.

    #khususon mas aby:
    hehehe.. postingan yang sangat teknis kalau ingin ada komen harus menyisakan pertanyaan yang bisa dijawab :p

    #khususon kakak cholimi:
    Aku lagi bangga punya MS Office 2003 yang mahal itu 😛

  2. salam kenal mas…maap sebelumnya dah lancang ambil link download untuk saya taruh di blog saya 😀
    ternyata tetangga ya…masih kerja di wisma mulia kah??? kebetulan saya di mendut 😀
    btw salut neh…dah jago programming…jago poto2 pula 😀
    boleh donk sekali2 jadi object-nya hehehe

  3. buset dah mas galih.. aku coba keyword “instalasi 0c4j” dan link ini adalah link pertama yang dikasih mbah gugel *worship* ahahaha..

    aih, jadi gak perlu cape2 bikin deh 😛 *pemalas*

  4. mas bro yang baik hati…saya mau tanya tanya aja tentang IT…
    kebetulan adek saya kerja di bagian admin di perusahaan swasta, nah setiap beberapa bulan sekali adek saya itu pasti menghubungi orang ITnya yang menghandle komputer nya tersebut..
    antara lain menanyakan tentang ORACLE….saya ingin mengetahui apa itu oracle? apa harus orang IT nya tersebut yang bisa menhandle nya? ataw bisa orang lain di luar orang yang biasa di minta bantuan oleh adek saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *